Sabtu, 05 Juli 2014

ikan misterius dari laut dalam
Tatkala saya menjelajah spot mancing di wilayah Binuangeun bersama Pak Ahmadi dan Ibu Puji Astut, , pada tanggal 10 April 2014,tiba-tiba umpan milik Pak Ahmadi di sambar ikan. Ia pun bertarung dan menggulung  untuk menarik ikan ke atas permukaan. Sampai di permukaan air pak Ahmadi terkejut bukan kepalang ketika melihat ikan yang di dapat. Ia segera menarik secara repleks sehingga ikan langsung mendarat di dek kapal.
Kami semua tercengan ketika melihat ikan ini. Ikan di mulut seperti memiliki bentuk mulut seperti tanduk maju kedepan, ya ikan bertanduk mirip hurup U. Matanya belor bulat. Warna sirip merah seperti warna kakap merah. Badanya dari kepala meruncing kecil ke ekor. Yang aneh adalah hampir semua tulan dan sirip.
Pak Ahmadi kaget setelah tahu ikan aneh yang dipancingnya

Saya lalu memotretnya … jepfret dan meniliti. Saya buka  google dan fishes base soal ikan ini namun saya tidak menemukan nama dan foto seperti ini. Dalam salah satu blogger saya menemukan hampir sama ikan dan penulis blogger itu menamankan ikan  Amor fish yang ditangkap oleh seorang pancinger di Kalimantan. Namun dalam blogspotnya itu warna ikan jelas beda karena dimana ikan amor putih, sedangkan yang di dapat pak Ahmadi adalah merah. Saya bertanya apakah yang di dapat mereka sudah mati lama dan yang dapat itu fresh? Saya terus mencari informasi dari dunia maya namun tidak mendapat apa-apa.
ikan tampak dari depan dan belakang


Lalu saya mencari  buka kamus ikan yang saya punya yaitu Marine Fisher ternyata juga gak ada. Lalu saya tanya kepada kapten kapal Putra Sulung yang saya sewa. “Ini ikan holikopter pak. Biasanya hidup di air dalam di atas 150 m – 500 m. Saat kita mancing kan di posisi drof off (palung jawa) dari kedalaman 100 m tiba-tiba masuk hingga 500 m lebih. Nah inilah ikan air dalam. Bila diatas 200 m ikan air dalam cirri-ciri ikan adalah matanya besar dan kulit gelap atau keras,” kata Pak Suryadi kepada saya. Meski tidak tahu nama ikan itu namun jawaban pak Suryadi melegakan hati dan mendekati analisa ilmiah.***bm

Inilah komentar soal ikan ini dari Facebook Berita Mancing:

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya. Janganlupa kunjungi web kami http://bit.ly/2MZshrf

    BalasHapus