Jumat, 16 November 2012

Tatkala kami mancing bersama Pak Hendro di daerah Kali Kresek Tanjung Priok, tiba-tiba umpan Pak Hendro disambar oleh ikan sicklefish. Saat sambaran terjadi sampai saat ini saya tidak tahu nama lokal ikan tersebut. Lalu saya mengambil kamus untuk ikan yang di tulis oleh Gerry Allen dalam bukunya Marine Fishes ternyata nama ikan itu adalah sicklefish yang memiliki nama latin Drepane punctata. Ikan sicklefish bentuk lucu dan unik. Secara keseluruhan warna ikan keperak-perakan dengan bintik-bintik hitam yang sangat teratus. Mulutnya yang kecil agak monyong kedepan. Bentuk jidatnya nonong sedikit, lalu naik hingga sirip punggung. Habitat ikan ini adalah di pantai berbatu-batu. Di Indonesia ikan ini banyak di jumpai terutama di pantai yang masih banyak karangnya. Saya agak terkejut ketika menemukan ini dipantai Tanjung priok yang katanya sudah tercemar dan tidak ada karangnya. Dengan ditemukannya ikan ini saya juga merasa senang karena daerah tanjung priok masih ada sisa-sisa karang untuk persembunyian ikan. Ikan sicklefish dan ikan batfish merupakan ikan yang menjadi favorite fotograper bawah air. Bentuk dan warna selalu menjadi obyek yang menarik tatkala di foto. Beruntunglah saya karena Pak Hendro mendapat ikan ini, jadi saya enggak susah-susah menyelam untuk memfotonya.***

0 komentar:

Posting Komentar