Rabu, 02 November 2011


Judul di atas ternyata juga menjadi pertanyaan para ilmuwan. Jawabannya nampaknya banyak teori dan penelitian yang lebih dalam. Terlepas polemik apakah ikan dapat melihat warna atau bukan, di sini kami hanya menyajikan bagaimana memilih warna untuk anda kerjakan saat mancing.
Beberapa pancinger mengetahui bahwa diantara warna dan kombinasinya pada artificial lure memiliki makna berarti ketika digunakan dalam mancing. Pertanyaannya apakah ikan bisa melihat warna? Dan adakah reaksinya terhadap warna tersebut? Lalu buat siapa warna yang dibuat pada artificial lure? Untuk ikan atau untuk memuaskan mata pancinger? Kemungkinan untuk pancinger mungkin lho sebab saya sempat tanya apakah anda punya warna favorite untuk casting atau trolling? Jawabnya meyakinkan “Saya ada warna favorite, kalo untuk mancing ikan ini warna ini,” jawabnya penuh argumentasi. Lantaran saya bingung maka saya ambil majalah Saltwater edisi Oktober 2005 yang mengutip salah satu produsen pembuat umpan trolling mengatakan secara meyakinkan, “Anda dapat menangkap banyak ikan dengan umpan yang beraneka ragam, sejak umpan anda beraksi secara aktraktif maka akan mendatang strike tanpa harus berwarna,” katanya. Okelah kalau begitu, jadi prinsip pertama adalah bagaimanapun berwarnanya umpan jika tidak beraksi durasi strike minim. Dan pendapat ini banyak di oke-in pancinger, bahkan ada yang ekstrim “gue popping pakai kayu polos tanpa warna juga diembat,” katanya.
Kembali kepertanyaan awal, betulkah ikan mengenal warna? Menurut para ahli mengatakan ikan bintang buta warna, tetapi reseptor yang terdapat di sel retina dapat menangkap sinar warna biru, kuning, dan hijau.
Para peneliti Jepang mendapatkan marlin, tuna, lemadang (mahi-mahi fish) dan wahu memberi respon baik terhadap sinar biru dan hijau. Khusus lemadang mempunyai reseptor warna biru dan hijau. Faktor yang ikut menentukan tentu saja lingkungan tempat ikan berada, keadaan air, penetrasi sinar matahari dan kekuatan warna menembus perairan.
Panjang gelombang sinar biru mampu mencapai kedalaman 80 m lebih. Panjang gelombang sinar hijau kuning tidak mampu menembus sedalam itu, umumnya hanya sebatas perairan pantai atau karang yang tidak terlalu dalam. Jadi wajar ikan di perairan dangkal mempunyai reseptor pigmen yang lebih beragam dari hijau; kuning; ungu dan merah, sementara ikan-ikan cucut terbatas pada reseptor pigmen biru dan hijau.
Panduan warna Umum: Presentasi visible pada kedalaman
Warna 10 feet 30 feet
Red 6,5 % 0,025 %
Orange 50 % 12%
Yellow 73% 40%
Green 88% 69%
Disarikan oleh: mrk Marcus w Nugroho

1 komentar:

  1. mantabss Om MArkus Nice Info.....
    thank you uda memberikan informasi yang bagus,....
    selama ini ane ga pahan tentang lure warna...
    selama ini beli lure hanya yg enak di lihat sama mata kita aja Om...
    hehehehehee...


    salam strike selalu...
    uyonk

    BalasHapus