Senin, 21 Oktober 2013



Siapa yang tahu Ikan bonefish dari namanya pancinger pasti tahu ikan ini sama dengan ikan bandeng bone (tulang) dan fish (ikan) karena ikan yang terkenal banyak durinya adalah ikan Bandeng, betul sekali ikan ini masih keluarga ikan Bandeng karena banyak yang menyebutnya Ikan Bandeng Cecurut atau Bandeng Curut. Nama latin ikan bonefish (Albula vulpes) namun banyak juga yang menyebut sebagai ikan torpedo, atau ikan peluru karena kecepatan berenang ikan ini sangat menakjubkan.

Deskripsi, ikan bonefish bisa mencapat berat hingga 19 pon (8,6 kg) dan ukuran panjang hingga 90 cm (35 in) panjang. Mempunyai warna dasar keperakan dengan sirip gelap bergasris . Dasar dari sirip dada berwarna kuning. Ikan ini banyak  hidup di perairan pantai tropis dan suka bergerak mencari makanan ke rawa dangkal saat pasang masuk. Ikan dewasa biasa bergerombol namun bisa ditemukan berenang sendiri atau berpasangan, ikan  ini mudah stress saat mendengar suara atau berisik. Paling aman saat menangkap atau memancing ikan ini harus menggunakan sampan atau berendam kaki (ngoyor)
Makanan bonefish adalah cacing laut (lur), krustasea (kerang), dan moluska. Lokasi karang drop-off, dan perairan yang jernih serta bersih,ikan ini juga  sering di jumpai pada padang lamun yang sehat karena menghasilkan mangsa kecil berlimpah seperti kepiting dan udang. Ikan Ini juga sering  mengikuti ikan pari untuk menangkap hewan kecil mereka.
Ikan bonefish biasa dipancing dengan teknik Fly fishing, banyak pemancing yang ingin mencari sensasi ikan Bonefish karena ikan ini sanggup berenang cepat saat menyambar umpan dan melompat terbang saat hook up, oleh karena itu sangat disukai para pemancing cambuk (fly Fishing) dan sering  dijadikan sebagai target turnamen Fly Fishing internasional.
Florida Keys diakui sebagai tempat kelahiran memancing  Flat (fly Fishing) karena ikan yang biasa berkembang biak di air tenang terutama Bonefsih dan Tarpoon (bulan-bulan),  mereka tetap berada di florida keys untuk penggemar memancing flat modern. Meskipun demikian sejarah panjang dan semangat terus  para pemancing Fly dalam mengejar bonefish, tarpon, dan bagaimana mengatur kelestarian ikan untuk mendapatkan ijin memancing. Waktu yang panjang untuk memberikan lokasi pemancingan yang sehat  serta tujuan utama melestarikan ikan ini untuk penelitian, konservasi, pendiidkan, rekreasi dan perlindunga salah satu spesies ikan yang sangat tangguh saat melawan pancinger.***Irwan Riduan (IR)

0 komentar:

Posting Komentar