Sabtu, 02 November 2013



Amberjack merupakan ikan pemangsa (predator) yang memakan cumi-cumi, ikan dan bahkan satwa air berkulit atau bercangkang keras. Amberjack muda bisa ditangkap pada kedalaman air 7-8 meter dekat dengan benda- benda yang mengapung. Amberjack dan seluruh familia jack hanya ditemui diseluruh laut beriklim tropis dan subtropis dengan temperatur 18-27 derajat celcius, dengan sebanyak 140 individual species yang telah di identifikasi hingga kini. Jenis ikan ini sering berkelana bersama rombongan besar serta merupakan salah satu jenis ikan penjelajah sembari mencari mangsanya. Amberjack memiliki kisaran ukuran mulai 25 cm dengan bobot sekitar 0,5 kg sampai memiliki panjang hingga 1,80 meter dengan bobot mencapai 45 kilogram.

Jusito mendapat Amberjack dari Alor NTT
Amberjack merupakan ikan pelagis (seriola dumerili) dan bentopelagis (seriola fasciata) yang banyak ditemukan diseluruh perairan laut hingga kedalaman 140 meter. Menurut laporan, panjang maksimum yang diperoleh hingga 1,5 meter, namun umumnya banyak ditemukan dengan panjang 60 cm. Perlu diketahui, rekor dunia ikan amberjack yang pernah ditangkap tahun 2004 di Perairan Meksiko dengan bobot 47 kilogram

Amberjack merupakan salah satu jenis ikan target bagi para pancinger  dikarenakan kekuatannya saat menyambar umpan  sangat kuat dan bandel. Daya juang serta  fightnya melawan kekuatan piranti mancing pancinger membuat banyak pancinger penasaran.  “Betotnya ampun-ampun,” kata pancinger yang pernah mendapat ikan ini.

Lokasi favorit amberjack berada di kawasan pengeboran minyak (rig) dan juga kapal karam. Umpan artifisial (buatan) untuk memancing amberjack bisa menggunakan jenis umpan jig berukuran sedang sampai besar. Saat jigging dengan target amberjack, usahakan agar menjaga gerakan aksi jig dengan cepat, dikarenakan amberjack tidak suka menyambar umpan (buatan) yang bergerak pelan.
Jika ingin menangkap amberjack dengan menggunakan piranti ringan (light tackle) chum terlebih dahulu disekitar kapal/perahu, hal ini dilakukan agar senar tidak terulur banyak keluar dari spool. Metode terbaik untuk memancing dikawasan rig, adalah dengan menempatkan umpan berekor dengan pancing kemudian masukkan kedalam air. Selamat mencoba, mudah-mudahan sukses fight strike dengan amberjack.***naskah Berita Mancing dan foto dari www.forumkamifc.com

1 komentar: