Kamis, 16 Agustus 2012

Hampala-hampala kecil masih sangat banyak di waduk-waduk di sekitar kita. Meski kita sering melihat hampala namun masih jarang di casting. Tujuan orang-orang casting di waduk-waduk atau sungai ya nyari hampala yang segede mungkin minimal sekiloan- lah. Tetap dengan semakin banyak jaring dan nelayan. Sudah agak susah nyari hampala yang berukuran besar. Jadi kalau sudah nyerah enggak nemu yang gede di waduk atau sungai. Kenapa juga enggak mencoba bermain-main dengan yang kecil. Yah idep-idep sebagai pelipur lara. Yang pasti sensasi`nya hampir sama karena berhasil nipu ikan. Cuma bedanya ikan-ikan kecil ini enggak mungkin narik drag. Tapi ya buat bikin panas kuping teman yang kagak dapat-dapat ya masih bisa lah. Walau keliatan gampang hampala mini/ kecil pun perlu trik-trik untuk menipunya. Mungkin sedikit trik di bawah sedikit membantu. Pertama , karena untuk ikan kecil tentunya lurepun harus yang mini-mini. Nah carilah ditackle box Anda lure-lure yang max ukuran 5 cm. Semakin kecil semakin bagus. Mungkin untuk minnow Rapala original 5cm dan halco sorcerer 5cm bisa jadi pilihan. Spoon dan spinner mini bisa juga sebagai alternatif. Pokoknya seluruh koleksi lure mini Anda harap dibawa dan cobain satu-satu di cast. Hampala ikan yang picky jadi kadang dia mood lure tipe ini, besoknya udah ganti lagi jadi mood lure itu. Jadi keepexperiment saja.
Kedua , lokasi hampala kecil gampang dicari,hampir di semua pinggiran ada hampala kecil. Bahkan lokasi yang rapat dengan jaring pun pasti ada juga hampala kecil. Cuma ikan keliatan belum tentu ikan ready to strike. Jadi siap-siaplah untuk penasaran hehehe. Biasa ikan ngikut-ikut doa,ng ampe ke pinggir langsung belok kiri/kanan. Bikin jengkel tapi jadi tambah penasaran. Ketiga, seperti halnya biang-biangnya, hampala kecil pun lebih gampang di casting pada awal-awal matahari terbit dan late afternoon. Cari saja rimbunan-rimbunan semak tenggelam di situ juga biasa ada hampala bersembunyi. Just cast menelusuri tepian dan jangan kaget langsung strike.
Keempat hampala kecil lebih bersifat koloni, jadi kalau Anda menemukan koloninya jangan sendirian castingnya, bareng-bareng saja. kadangbisa double bahkan triple strike. Tentu saja harus sama-sama pake lure mini. Kelima, walau ditujukan untuk hampala mini, jangan kaget kalau kadang ada kejutan menyenangkan, kadang hampala dewasa pun oportunis juga. Kalau pas lewat didekatnya kadang disamber juga tuh lure mini. Nah sebagai persiapan kalau-kalau ada kejadian seperti ini, ganti saja treblenya dengan yang kuatan sedikit. Yah ganti dengan Mustad atau Owner begitu. Yang pasti replace treble harus seukuran dengan aslinya jangan lebih kecil atau lebih besar. Kalau lebih kecil pasti kemungkin mocel lebih besar, kalau pake yang lebih gede pasti mengganggu action lure, terutama yang tipe minnow (goyangan jadi kurang atraktif). Keenam, ah capek.. sebenarnya masih banyak lagi trik2nya.. tapi mending kita mancing bareng aja yuk, kayaknya lebih enak praktek daripada baca teori doing hahaha.***Adi Wicaksono aka Hampala

0 komentar:

Posting Komentar