Rabu, 28 Desember 2011

Jika anda bicara soal sejarah memancing di kota Jakarta, tanpa menengok toko pancing “Jiung Fishing Tackle,” rasanya kurang lengkap. Toko pancing yang buka sejak jaman orde lama ini selalu dikunjungi para pancinger yang ingin menyalurkan hasratnya untuk mancing di Teluk Jakarta maupun mancing di kolam atau sungai.
Nama “Jiung” diambil dari sebuah jalan di kawasan Kemayoran. Dimana jalan ini pada era orde lama dan awal orde baru sangat terkenal karena Bandar Udara kala itu masih di Kemayoran, sehingga banyak orang yang berlalu lalang di jalan Jiung tersebut. Nah, dari ramainya jalan inilah keluarga besar dari Achmad Sofa (pemilik toko pancing jiung) memilih nama toko pancingnya dengan nama Toko Pancing Jiung.
Jika awal buka tahun 1960 - 1970-an toko ini pancing ini hanya menjual alat-alat pancing dan benang nilon dengan jumlah yang kecil. Meski demikian perputaran penjualan alat pancing sangat cepat sehingga pemilik toko pancing pelan namun pasti mulai menambah barang dagangannya dan hal ini tentu saja membuat pancinger semakin sering mengunjungi toko ini.
Sekarang ini toko pancing Jiung berada di Jl. B.H Ung No. 251-252, Kemayoran Jakarta Pusat, memiliki banyak sekali alat pancing. Di depan tersedia beraneka ragam joran. Untuk reel terdapat macam pilihan dari berbagai merk. Ada pelampung, senar, macam-macam umpan semuanya lengkap tersedia di toko ini. Salah satu barang andalan dari toko pancing Jiung adalah essence. “Kami menjual essence ready yang kami oplos sendiri. Essence ready telah kami jual hingga Kalimantan dan Jawa,” cerita salah satu penjaga toko pancing Jiung. Pada saat kami di sana ditunjukkan beraneka macam oplosan essen dari toko pancing Jiung, aromanya semua sangat menggiurkan. Pantas saja bila pancinger galatama maupun ikan mas harus rela berdesak-desakan hanya untuk mendapatkan racikan essen ready toko Jiung.
Belanja alat pancing di toko Jiung memang angan kita terasa memutar kembali sejarah mancing di Kota Jakarta dan tentu saja pancinger betawi. Konon ceritanya, sebelum pancinger mancing ke laut mereka selalu berkumpul di toko pancing dan salah satunya adalah toko pancing Jiung. Seiring dengan berkembangnya kota Jakarta, dan masuknya banyak bisnisman baru di alat pancing, maka toko pancing yang dikelola secara kekeluargaan ini mendapat banyak saingan.Hadirnya banyak toko pancing tentu saja berpengaruh terhadap keberadaan toko ini. Meski persaingan toko pancing makin menggila karena di setiap tempat ada toko pancing, namun Toko pancing Jiung tetap menjadi toko bersejarah yang tetap eksist ada melayani pancinger hingga kini.
Lantas apa yang membuat toko pancing Jiung tetap eksist hingga kini? Jawabnya ternyata sederhana seperti yang diungkapkan oleh pemiliknya bahwa toko pancing ini selalu menerapkan sistem keakraban dengan pembeli dan tentu saja keuletan dalam mengelolanya. Cara ini ternyata efektif sekali untuk mempertahankan toko pancing hingga puluhan tahun sampai dua generasi. Bagi anda yang ingin mengunjung toko yang syarat dengan sejarah mancing di kota Jakarta ini silahkan saja.***Lukas ps

5 komentar:

  1. Aku punya info dari temen soal TOKO PANCING JIUNG
    Tp d cari2 gk ketemu"""
    Ternyata posisinya di situ--
    Kapan2 ku tengok..mo cari senar pancing yg kuat...
    Salam MANCING MANIA_______

    BalasHapus
  2. salam bos dr www.umpangalatamangacir.blogspot.com / andre singek .... ane banyak ngambil bahan dasar dr keluaran essence jiung.

    BalasHapus
  3. JASA EKSPEDISI IMPORT BORONGAN DOOR TO DOOR
    MAU IMPORT TANPA RESIKO TERTAHAN BEA CUKAI? HUBUNGI KAMI SEGERA

    Xing Lie Cargo merupakan International Freight Forwarding yang jasa pengiriman barang import secara door to door service. Harga yang ditawarkan sudah borongan (all in) sudah termasuk pajak, cukai, custom terima bersih sampai Jakarta – Indonesia.

    Butuh layanan jasa ekspedisi import borongan murah? >> Xing Lie Cargo

    Butuh layanan jasa ekspedisi import borongan ? >> Xing Lie Cargo

    Butuh layanan jasa ekspedisi import borongan ? >> Xing Lie Cargo

    Hubungi kami segera! 081296333382 CS 1 / 087773081112 CS 2

    SERVICE:

    Xing Lie Cargo menyediakan jasa forwarder door to door via udara dan laut FCL (Full Container Load 20″ dan 40″) & LCL (Less Container Load) dari beberapa negara seperti China, Singapore, Malaysia, Korea, Taiwan, Thailand, dll.

    Xing Lie Cargo menyediakan jasa titip tranfer RMB ke supplier China. Customer hanya perlu tranfer ke dalam rupiah.

    Xing Lie Cargo melayani pengiriman barang Umum dan Lartas:

    Kategori umum: Tas, dompet, garmen atau pakaian, jam tangan, PVC, aksesoris handphone ,sparepart motor, aksesoris motor, sparepart mobil, aksesoris mobil, lampu LED

    Kategori lartas: Makanan, minuman, bahan kimia / chemical, cairan, suplemen, ban mobil, velg mobil, kosmetik, alat kesehatan (alkes), obat2an, baterai, dll dari Negara China, Singapore, Malaysia, Taiwan, Hongkong,dll melalui via udara ataupun laut door to door service.

    KEUNGGULAN XING LIE CARGO:

    – Menyediakan jasa forwarder import barang via Udara estimasi 5-7 hari kerja

    – Menyediakan jasa forwarder import barang via Laut estimasi 3-4 minggu

    – Harga jasa yang ditawarkan sudah All In termasuk pajak, custom, dan diantar langsung ke alamat gudang customer

    – Memberikan free biaya jasa tiitp tranfer untuk nominal tertentu

    – Menerima pengiriman dari Mancanegara ke Indonesia

    – Menerima ukur ulang timbangan dan kubikasi

    – Tidak dikenakan biaya siluman atau lain-lain

    Xing Lie Cargo merupakan penyedia jasa cargo import yang mengutamakan kerja sama dalam jangka panjang terhadap customer sehingga kami selalu berusaha untuk menomor satukan kejujuran dan transparansi. Bagi customer yang ingin import barang jangan ragu dengan kami karena Xing Lie Cargo menjamin kepastian barang agar tiba di Indonesia secara aman dan legal.

    Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami:

    Xing Lie Cargo

    Whatsapp:081296333382 CS 1 / 087773081112 CS 2

    Website:www.xingliecargo•com

    Email:info@xingliecargo.com

    100% trusted

    BalasHapus