Senin, 24 Februari 2014



Cerita ini dituturkan oleh Andri yanto pancinger yang tinggal di Jakarta Selatan aktif di Gabus terus Club.  Suatu ketika pada hari Sabtu  22 Februari 2014, saya berniat memancing di  sebuah spot private di sekitar Jabodetabek. Mohon maaf dalam hal ini saya tidak bisa mengekspose lokasi karena sebuah alasan yang klasik di antara pancinger hehehe dan spotnya itu belum saya rilis karena yang punya belum mengizinkan, suatu saat nanti kala pemilik spot mengizinkan akan kami share ke pada pancinger.
Jreeeng pagi daerah Jabodetabek diguyur hujan gerimis. Lantaran saya sudah sakauw tingkat tinggi maka saya ambil tackle dan kabur ke salah satu spot mancing. Sampai di spot saya langsung setting piranti dan mengambi umpan spinner lalu mulai unca-uncal.
Suatu saat umpan saya disambar. “Strike…!” teriak saya. Ya pada betotan pertama masih terlihat  biasa saja,, cuman langsung sadar kalo ini yang mbetot spiner ikan besar, sebab saya sempet kejengkang hampir ketarik ikan dan ikannya berbalik arah. Wuiihh ampun..! Dari jatuh duduk itu aku berusaha bangun! Lalu saya mengencangkan senar lagi yang sempet kendor.
Tatkala senar ar menegang lagi itu ikan lompat ke udara. Jebyuuurrr, loncatan dan deburannya membuat saya terkaget-kaget dan andrenalin saya naik sangat tinggi. Jantung ini berdebar-debar keras. Baru deh tahu kalo yang nyangkut toman babon. Kepalanya ikan keliatan banget besar.. Dengkul langsung gemeteran,  Jantung ga karuann.

Aku berusaha tenang dan mulai mainkan drag reel. Mau lari dan dibawa  kemana juga itu senar aku ladenin. Dua kali ikan lompat keudara. Bayangkan saja ikan segede gitu melompat berusaha meloloskan diri.. Ya akhirnya ikan itu lemes juga setelah berulang kali memperkosa drag reel ryogaku..nah pas lemes ikannya aku coba cari dataran yang agak landai untuk turun, nah di situ om rasa fearless mulai menyerangku.. Pas deh sama dengan vedeo yang aku up load ke yuotube, kalo mau lihat ada linknya  di wall fb Andriyanto.
Bener bener tangan gemeteran pas mo nyolokin lipgrip ke mulutnya, keliatan banget sangarnya itu ikan dengan giginya yang besar. Untungnya ada om Rudy yang menemani aku dan menyemangati ngajar ikan sampe foto-foto. Bayangkan  Kalo sendirian n ga tau deh om endingnya hahaha, mana tanahnya jeblok.., hujan pula.. Prikiteww lah.. Setalah foto-foto ikan aku lepas lagi ikannya seiring dengan hujan lebat turun dan pesta kemenanganpun  bubar. Meski tanpa minum soft drink bisa menaklukan monster toman tetap aku bahagia.***Teks : Andriyanto FOTO by Rudy Rudolf Widjaja


Toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya. Ikan toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atau Malabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes.

KOMENTAR @ WALL FACEBOOK ANDRI YANTO

KOMENTAR DI WALL FACE BERITA MANCING

 

7 komentar:

  1. aku blm kebagian narik babon om acus! :'( :'(

    BalasHapus
  2. Dah malem ya...??? Hadooh kepengen komen nih, ya udah besok lagi aja siangan dikit komen nya...

    BalasHapus
  3. Rekor IGFA untuk ikan Toman cuma 11,79 kg (26 lb).
    Sedikit lagi bisa pecahin rekor IGFA. Kalau mancing disana lagi, bawa timbangan/boga grip yg diakui IGFA. Foto dan kirimkan ke IGFA. Indonesia bisa pecahin rekopr IGFA untuk kategori Giant Snakehead.

    BalasHapus
  4. wew pasti seru banget fight ama toman segede itu jadi pengen tapi sayang masih belajar mancing udang galah yang butuh kelembutan dan kesabaran wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Kangen narik tronton... hiks,,, sakaw tiada tara

    BalasHapus