Senin, 28 Juni 2010


-->
Keganasan ikan toman terlihat jelas saat menyambar umpan. Saat strike langsung kabur bagaikan torpedo. Luar biasa. Inilah detik-detik yang menjadi penantian setiap pancinger toman termasuk Hermanto, seorang toman maniak dari Lampung. Simak saja ceritanya berikut ini.
Semenjak saya mengenal casting dengan minnow hasrat menaklukan ikan toman terus menerus menggelora. Mengapa? Karena mancing toman sudah saya lakukan sejak lama dan asik. Dulu saya masih menggunakan umpan anak kodok. Belakang ini saya sadar bahwa cara ini agak repot, karena cari anak kodok tidak selamanya mudah. Lalu saya berpikir bagaimana caranya agar lebih praktis?
Dari sini munculah ide kreatif dengan membuat umpan dari potongan sandal jepit. Setelah itu potongan sandal, saya beri kail. Untuk menambah daya lontar, potongan rangkaian sandal ditambah timah ringan. Setelah jadi umpan langsung saya lempar dan diseret-seret. Dasar toman, sandal jepit juga diembat.
Suatu ketika saya mendapat majalah dan browsing lewat internet, ternyata mancing toman menjadi salah satu game fishing dalam freshwater dengan umpan minnow. Saya langsung praktek dengan umpan minnow di toman spot, desa Lempung, Kab Tulang Bawang Lampung. Lokasinya di sebuah kawasan rimba di Lampung, dengan medannya sangat berat. Pantaslah jika banyak orang bilang hanya “wong edan” yang berani ke sana. Dimana lokasi itu kami tempuh dengan kendaraan dari kota selama 3 jam.
Biarlah apa kata orang yang penting mancing itu enjoy. Soal mancing toman ini seperti pepatah berakit-rakit ke hulu berenang- renang kemudian. Ketika strike , rasa capek itu seketika hilang sudah. Bahkan rasa bahagia terus menggema dalam dada. ***Cheers…!
.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

8 komentar:

  1. toman emang sipp, ikan ini bisa menjadi maskot pancingan di Indonesia..

    BalasHapus
  2. Salam kenal.......
    'Manteb juga tuh toman, sudah coba pakai umpan anak ikan lala belum?

    BalasHapus
  3. snakehead emang monsternya rawa..........
    kalau mau strike mbahnya toman ke lampung aja bozz
    kaya narik kapal selam.......

    BalasHapus
  4. wah manthap tug..
    boleh minta no hpnya pak Hermanto saya tertantang mau mancing toman di sana. atau hubungi ke no hp saya 08566513050.
    Dari Liong, sungai Tapung Riau.
    Trims

    BalasHapus
  5. Anonim bisa kasih saya info sungai yang banyak Toman di Lampung? atau langsung sms ke saya saja 08566513050
    Trims... jangan hanya cerita saja hehe... saya mau buktikan
    Salam Kompak Toman Mania..

    BalasHapus
  6. Bung aku ini org tulang bawang, gak ada tuh yg namanya desa lempung... emang di kec mana..

    BalasHapus
  7. Ikan Toman Segede Itu Mah Udah Biasa, Kalo Mau Sebesar Guling datang Aja Ke Kalimantan Tengah.. Kalo Casting kagak tahan...Rata2 beratnya 8 sd 15 Kg... mau Tantangan.... Kontak Aja Ke 085249294221

    BalasHapus
  8. KaLo biasa mancing GT terus mancing roman,kaya main catur sambil tutup mats bang

    BalasHapus